Perkuat Layanan Pengaduan, Komnas HAM Lakukan Sinergi Stakeholders dan Pengaduan Pro Aktif Masyarakat di Sulawesi Tenggara pada 13-16 Maret 2023.

Bidikhukum.com-Sulteng

Kegiatan yang dipimpin oleh Komisioner Pengaduan Komnas HAM Hari Kurniawan dan Tim Dukungan Pelayanan Pengaduan ini dilakukan di beberapa wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara yaitu Kendari, Kabupaten Konawe, Kabupaten Kolaka dan Kabupaten Konawe Selatan.

Dari kegiatan Pengaduan Pro Aktif selama 2 (dua) hari, tercatat setidaknya 22 konsultasi dan pengaduan yang diterima langsung tim pada saat pembukaan Pos Pengaduan Proaktif di 2 (dua) lokasi, yaitu Kabupaten Konawe dan Kolaka.

Lingkup aduan tersebar di beberapa wilayah di Sulawesi Tenggara, yaitu Kabupaten Konawe, Konawe Selatan, Konawe Kepulauan, Konawe Utara, Buton, dan Kota Baubau.

Sedangkan substansi aduan masyarakat yang diterima terkait dengan isu agraria dan sumber daya alam (SDA), ketenagakerjaan, kinerja aparat penegak hukum (APH), dan perlindungan kelompok rentan, seperti perempuan, anak dan masyarakat adat.

Selain itu, Tim juga bersinergi dengan Kelompok Masyarakat Sipil untuk memberdayakan dan menguatkan advokasi atas aduan dugaan pelanggaran HAM yang disampaikan oleh masyarakat, khususnya di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara dan sekitarnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *